Thursday, July 6, 2017

Modul PKB Guru SD Kelas Bawah/Awal dan Tinggi/Akhir Kompetensi KK-A s.d KK-J

Assalamualaikum. Wr. Wb. Bapak dan Ibu Guru khususnya yang mengajar di Sekolah Dasar (SD) di seluruh Nusantara. SIM PKB tampaknya telah benar-benar siap dilaksanakan. Meskipun masih saja terdapat PTK yang mengalami kesulitan dalam melakukan Registrasi dan Login Akun SIM PKB Guru. Namun keseriusan Dirjen GTK dalam mensukseskan program ini telah dibuktikan dengan dirilisnya Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan / Modul PKB SD Kelas Atas dan Bawah revisi tahun 2017.

Modul PKB SD ini dikembangkan secara bersama-sama oleh Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik Tenaga Kependidikan(PPPPTK), Lembaga Pengembangan Pemberdayaan Pendidik Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi Komunikasi (LP3TKKPTK) dan Lembaga Pengembangan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS). Harapannya tentu saja dengan Modul PKB SD ini, guru dapat memeberikan sumbangsih bagi tercapainya tujuan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kompetensi guru.

Modul PKB merupakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan bagi para guru pembelajar (sebutan bagi peserta SIM PKB) moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kompetensi (Kompetensi A sampai J).

Sebagai bagian dari upaya mendukung keberhasilan program PKB, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar pada tahun 2017 telah mereview, merevisi kemudaian mengembangkan modul PKB guru setelah pelaksanaan UKG 2015, dimana di dalamnya telah di integrasikan dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Penilaian Berbasis Kelas, serta berisi materi pedagogik maupun profesional yang akan dipelajari oleh peserta SIM PKB selama mengikuti Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan jenjang Sekolah Dasar ini diharapkan mampu menjadi bahan bacaan wajib bagi seluruh peserta diklat PKB Guru guna meningkatkan pemahamannya tentang kompetensi pedagogik dan profesional terkait dengan tugas pokok dan fungsinya.

Modul PKB SD ini tersedia dalam bentuk E-Book berekstensi .pdf sehingga memudahkan bagi para guru pembelajar untuk mempelajarinya tanpa harus melakukan print dokumen, hal ini sangat meringankan beban guru jika harus mencetaknya secara mandiri mengingat jumlah halaman dalam modul PKB SD ini dirasa cukup tebal dengan jumlah bisa mencapai 300 halaman lebih.

berdasarkan pengalaman guru pembelajar 2016 dimana beberapa modul sulit untuk didapatkan/diunduh (mungkin server overload karena diakses oleh banyak guru), maka pada kesempatan kali ini akan admin berikan tautan unduhan Modul PKB SD Kelas Atas dan Bawah guna memudahkan dalam proses pengunduhan (download) modul ini baik itu kelas awal/rendah maupun kelas atas/tinggi pada tautan di bawah.
Download Modul PKB SD Kelas Bawah (Awal)
>    (KK-A)
>    (KK-B)
>    (KK-C)
>    (KK-D)
>    (KK-E)
>    (KK-F)
>    (KK-G)
>    (KK-H)
>    (KK-I)
>    (KK-J)

Download Modul PKB SD Kelas Atas (Akhir)
>    (KK-A)
>    (KK-B)
>    (KK-C)
>    (KK-D)
>    (KK-E)
>    (KK-F)
>    (KK-G)
>    (KK-H)
>    (KK-I)
>    (KK-J)

Bagi Bapak Ibu yang ini mendapatkan Draft Final Petunjuk Teknis atau Pedoman Umum Program PKB Tahun 2017 yang sesuai Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan silahkan unduh di sini.

Demikianlah Modul PKB SD Kelas Atas dan Bawah Bagi Bapak/Ibu yang belum sama sekali memiliki modulnya, admin sediakan kumpulan modul PKB SD ini hanyalah hanya sekedar berbagi saja. Karena berbagi itu memang indah, dan semoga sekaligus menjadi ibadah. Amin
Salam Library Pendidikan.

0 comments:

Post a Comment